Tabulasi Pemilu 2009 Bergerak Lambat

By radits on 4/13/2009

Filed Under:

Pusat tabulasi pemilu 2009 yang diselenggarakan KPU saat ini (data terakhir: 14:49, 13/04/09) sudah mengumpulkan 3,8 juta suara lebih. Data yang terkumpulkan ini bergerak lambat apabila dibandingkan dengan jumlah DPT yang terdaftar sebgnyak 117 juta pemilih lebih di seluruh Indnesia.
Walaupun website yang beralamatkan di tnp.kpu.go.id ini direfresh setiap 30menit, namun perubahan data tidak terlalu signifikan. Banyak faktor yang mempengaruhi lambatnya pengumpulan data, salah satunya adalah tekonologi yang mendukung perhitungan suara onlne ini di setiap daerah tidak semua mendukung. Ada beberapa daerah yang kesulitan mengirimkan data ke pusat tabulasi pemilu 2009 akibat sarana dan prasarana kurang memadai.
Selain itu, faktor yag menghambat adalah terjadinya kisruh di beberapa kecamatan atau TPS saat dilakukan perhitungan suara. Faktor penghambat lainnya adalah adanya kesalahan teknis yang dilakukan oleh petugas TPS (mulai dari salah kirim surat saura, pehitungan suara ganda, sampai salah mengisi berita acara).

0 comments for this post

Post a Comment