Lite Facebook, Facebook Versi "Ringan"

By radits on 9/13/2009

Filed Under:

Ada yang baru dari Facebook, jejaring sosial internet terbesar di dunia itu merilis Facebook Lite. Facebook edisi "ringan" itu beralamatkan http://lite.facebook.com/ mempunyai tampilan yang simpel, ringan, dan ringkas tentunya.
Sepertinya Facebook mencoba menghadirkan layanan yang lebih simpel dan hemat bandwidth. Nyatanya memang benar, di kala kuota bandwidth saya diturunkan Telkomsel hanya up to 8kB/s (64kb/s) karena sudah melebihi fair usage 2GB, Facebook Lite tetap nyaman digunakan. Dengan kecepatan internet super lemot itu, saya bisa update status, melihat notifications, atau ber-komen-ria dengan "ringan"nya. Bahkan menurut saya, Facebook Lite lebih cocok untuk dibuka lewat ponsel ketimbang versi (ponsel) wap-nya.
Namun, namanya juga versi hemat, ada beberapa fasilitas yang biasa kita jumpai di Facebook.com, tidak bisa kita temui di lite.facebook.com. Yang jelas, di facebook lite kita hanya bisa update status, memberi komentar teman, melihat notifications, upload gambar dan video. Selain layanan facebook lite itu, kita harus pergi ke facebook.com untuk mendaptkan layanan selain itu.
Terobosan baru itu sepertinya untuk memberikan layanan yang simpel (mencontoh simpelnya Twitter) dan akan lebih memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan jejaring sosial internet selain menghmat bandwidth. Apalagi, seperti yang diberitakan Jawa Pos hari ini (13/09), Facebook diusulkan menjadi kandidat penerima Nobel. Dan dengan Facebook Lite, peluang menerima Nobel akan lebih terbuka untuk Facebook.
Wah, sepertinya Facebook lebih mendunia lagi.... kita lihat saja...

0 comments for this post

Post a Comment